cover
Contact Name
Suciati
Contact Email
psuciati@ecampus.ut.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jp-ut@ecampus.ut.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Jurnal Pendidikan
Published by Universitas Terbuka
ISSN : 14111942     EISSN : 24433586     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Universitas Terbuka. Jurnal ini memuat artikel yang ditulis berdasarkan hasil penelitian dan analisis konseptual mencakup berbagai dimensi pendidikan, seperti kurikulum, pembelajaran, evaluasi, manajemen, kualitas Pendidikan, dan pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi, dalam berbagai jenjang pendidikan dan modus penyampaian pembelajaran
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 22 No. 1 (2021)" : 6 Documents clear
IMPROVING STUDENTS’ DIRECT AND INDIRECT SPEECH MASTERY IN NEWS ITEM TEXT THROUGH USING INPUT ENHANCEMENT TECHNIQUE Muhammad Mujtaba Mitra Zuana
Jurnal Pendidikan Vol. 22 No. 1 (2021)
Publisher : LPPM Universitas Terbuka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33830/jp.v22i1.846.2021

Abstract

The goal of this research is to find out whether input enhancement technique is effective in improving students’ direct and indirect speech mastery in news item text. This research is quantitative experimental research with pretest and posttest control group design. The data of this research is the students’ direct and indirect speech mastery in new item text. The data collection technique is by administering tests, using pretest-posttest design. The data analysis technique uses t-test formula. The result indicates that there was no difference between control and experimental group in initial abiity before the input-enchancemen-technique was treated. Whereas by using input enhancement technique there was significant difference between students taught direct and indirect speech mastery using input enhancement technique and those taught direct and indirect speech mastery in news item text without using input enhancement technique. Thus, it could be concluded that the use of input enhancement technique was effective in improving students’ direct and indirect speech mastery in news item text. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah penggunaan teknik peningkatan input efektif dapat meningkatkan penguasaan tuturan siswa secara langsung dan tidak langsung pada teks item berita. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental kuantitatif dengan desain control group pretest and posttest. Data dalam penelitian ini adalah penguasaan tuturan langsung dan tidak langsung siswa pada teks item berita. Teknik pengumpulan data dengan pemberian tes, pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dalam hal kemampuan awal sebelum dilakukan perlakuan teknik input-enhancemen. Sedangkan dengan menggunakan teknik peningkatan input terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dalam hal penguasaan tuturan langsung dan tidak langsung menggunakan teknik peningkatan input dengan hasil belajar siswa dalam hal penguasaan tuturan langsung dan tidak langsung dalam teks item berita tanpa menggunakan teknik peningkatan input. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik peningkatan input efektif dalam meningkatkan penguasaan tuturan siswa secara langsung dan tidak langsung pada teks item berita.
PROFIL LITERASI DIGITAL SISWA KELAS XI PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATA PELAJARAN KIMIA Abdul Latip; Nursida Sutantri
Jurnal Pendidikan Vol. 22 No. 1 (2021)
Publisher : LPPM Universitas Terbuka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33830/jp.v22i1.884.2021

Abstract

The study aims to measure and describe the profile of students’ digital literacy who take distance learning in chemistry subjects. During the Covid-19 pandemic, learning carried out online using digital-based technology. This research measures digital literacy using descriptive research methods with quantitative approaches. Data collection carried out by giving digital literacy questionnaires to 74 eleven-grade students who are conducting online learning. The students assess themselves through a questionnaire about digital literacy, the results of the study indicate that the digital literacy of eleven-grade students on online learning are as follows: 1) The aspect of the ability to use digital media obtained an average score of 79.95; 2) The aspects of managing digital learning platforms obtained an average score of 76.29; 3) The aspect of the use of advanced digital media obtained an average score of 68.48; and 4) Ethical and safety aspects in the use of digital media obtained an average score of 79.77. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menggambarkan profil literasi digital siswa kelas XI ketika mengikuti pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran kimia. Selama masa pandemi Covid-19, pembelajaran dilaksanakan secara daring dan luring dengan memanfaatkan teknologi berbasis digital. Penelitian ini melakukan pengukuran literasi digital menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan kuisioner pengukuran literasi digital kepada 74 siswa kelas XI yang melaksanakan pembelajaran kimia secara daring. Siswa menilai dirinya sendiri melalui kuisioner literasi digital, hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital siswa kelas XI pada pembelajaran secara daring sebagai berikut: 1) Pada aspek kemampuan menggunakan media digital diperoleh rata-rata skor sebesar 79.95; 2) Pada aspek pengelolaan platform pembelajaran digital diperoleh rata-rata skor sebesar 76,29; 3) Pada aspek penggunaan media digital tingkat lanjut diperoleh rata-rata skor sebesar 68,48; dan 4) Pada aspek etika dan keamanaan dalam penggunaan media digital diperoleh rata-rata skor sebesar 79,77.
HUBUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA, INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR SISWA Nurul Fadhilah; Andi Muhammad Akram Mukhlis
Jurnal Pendidikan Vol. 22 No. 1 (2021)
Publisher : LPPM Universitas Terbuka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33830/jp.v22i1.940.2021

Abstract

This research aims to explain the correlation of family environment, peer interaction and emotional intelligence with Biology learning outcomes of science students grade XI in senior high school of Bulukumba District. This research is an ex-post facto, with a sampel of 263 students grade XI in senior high school of Bulukumba regency. Data collection uses questionnaire and student test result. The data was analyzed using descriptive statistic and inferential statistic analysis (path analysis). The result showed that the students in general has a condusive family environment, a good peer interaction, and a high level of emotional intelligence. Family environment and peer interaction were directly related and significant with emotional intelligence. Family environment, peer interaction, and emotional intelligence were directly related and significant with Biology learning outcomes. Family environment and peer interaction were indirectly related with Biology learning outcomes and significant through emotional intelligence. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga, interaksi teman sebaya dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto, dengan siswa sebagai sampel sebanyak 263. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan data hasil belajar biologi siswa. Data dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial yakni analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar biologi siswa dalam kategori sedang, dengan kondisi lingkungan keluarga pada kategori kondusif, interaksi teman sebaya pada kategori sangat tinggi, dan kecerdasan emosional pada kategori tinggi. Lingkungan keluarga dan interaksi teman sebaya berhubungan langsung dan signifikan dengan kecerdasan emosional. Lingkungan keluarga, interaksi teman sebaya, dan kecerdasan emosional berhubungan langsung dan signifikan dengan hasil belajar Biologi. Lingkungan keluarga dan interaksi teman sebaya berhubungan tidak langsung dan signifikan dengan hasil belajar Biologi melalui kecerdasan emosional.
PERSEPSI KINERJA GURU, DITINJAU DARI PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI, PERSON-ORGANIZATION FIT, DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR Fenny Soeprijadi; Niko Sudibjo
Jurnal Pendidikan Vol. 22 No. 1 (2021)
Publisher : LPPM Universitas Terbuka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33830/jp.v22i1.965.2021

Abstract

Teachers’ performance will improve with the support of the school, compatibility between teacher as an individual with the values, goals, and characteristics of the organization. Teachers’ behavior will also contributes positively to improving performance.This study was aimed to determine the effect of perceived organizational support, person-organization fit, and organizational citizenship behavior on the performance of Kairos Gracia School teachers in West Jakarta. This research used quantitative approach and PLS-SEM method for data analysis. Data was collected by distributing questionnaires and analyzed descriptively and inferentially by conducting validity, reliability, and path analysis tests by using SmartPLS 3.2.9. software. The results showed that perceived organizational support did not have a direct positive influence on teachers performance, while person-organization fit and organizational citizenship behavior have a positive effect on performance. Perceived organization support would be positively influenced teachers’ performance when mediated by organizational citizenship behavior. Kinerja guru akan meningkat dengan adanya dukungan dari pihak sekolah, kecocokan antara guru sebagai individu dengan nilai, tujuan, dan karakteristik organisasi Perilaku guru juga memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi dukungan organisasi, person-organization fit, dan organizational citizenship behavior terhadap kinerja guru Sekolah KARIOS GRACIA di Jakarta Barat. Penelitian ini. bersifat kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial untuk uji validitas, reliabilitas, dan analisis jalur dengan metode PLS-SEM melalui program SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi dukungan organisasi secara langsung tidak memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru. sedangkan person-organization fit dan organizational citizenship behavior berpengaruh positif terhadap kinerja. Persepsi dukungan organisasi akan memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru melalui variabel laten organizational citizenship behavior.
PENGARUH EFIKASI DIRI, MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR SPEAKING SISWA KELAS X Novilia Hardianti; Marlin P. Marpaung
Jurnal Pendidikan Vol. 22 No. 1 (2021)
Publisher : LPPM Universitas Terbuka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33830/jp.v22i1.976.2021

Abstract

The use of English in communication becomes important nowadays in facing the challenges of globalization. English is one of the school subjects that helps students in preparing their abilities to be part of global citizens. Speaking skills in English subject is one of way in preparing the students, meanwhile learn English also becomes one of the challenges for students. This quantitative research aimed to identify the influence of self efficacy, learning motivation and reading interest on speaking learning outcomes. Data collection uses questionnaires distributed to 76 grade X students and interview. The data were analyzed using multiple regression analysis. The finding shows that self-efficacy had positive influence on speaking learning outcomes. Learning motivation had a positive influence on learning outcomes of speaking, and reading interest had a positive influence on speaking learning outcomes. The R-Square value of the three variables indicates a silmutant strong influence on learning outcomes of speaking skills. Penggunaan bahasa Inggris dalam berkomunikasi dirasakan penting dalam menghadapai tantangan global sekarang ini, khususnya dalam dunia pendidikan, Bahasa Inggris menjadi salah satu matapelajaran untuk membekali kemampuan siswa menjadi bagian dari warga global. Keterampilan berbicara “speaking skill” dalam bahasa Inggris juga menjadi salah satu tantangan bagi para sisw. Penelitian ini bersifat kuantitatif untuk mengidentifikasi pengaruh efikasi diri, motivasi belajar dan minat baca terhadap hasil belajar speaking siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran tiga kuesioner kepada 76 siswa kelas X, dan wawancara kepada siswa, serta nilai hasil belajar speaking siswa. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa efikasi diri, motivasi belajar, serta minat baca secara parsial berpengaruh positif terhadap hasil belajar speaking. Berdasarkan nilai R-Square, ketiga variabel tersebut secara simultan berpengaruh kuat terhadap hasil belajar speaking.
THE CHALLENGES OF SECONDARY LEVEL BUSINESS EDUCATION IN BANGLADESH MD. Meraz Ahmed; Harshita Aini Haroon; Fatimah Tambi; MD. Kamal Hossain
Jurnal Pendidikan Vol. 22 No. 1 (2021)
Publisher : LPPM Universitas Terbuka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33830/jp.v22i1.1431.2021

Abstract

This paper discusses challenges of secondary level business education in Bangladesh. In particular, it explores the challenges related to curriculum, pedagogy, infrastructure and assessment systems in school. We looked at the existing facilities in schools that teach business education, teaching strategies used in the classrooms as well as the perceptions of teachers and students towards business education.Using an online survey, data was collected from 101 respondents who are secondary level school teachers. Findings reveal that challenges are mainly related to curriculum, pedagogy, infrastructure, and assessment system. However, infrastructure and students’ attitude-related challenges are the greatest challenges. In addition, we find that most of the business studies classes are attended by more than 40 students, contributing to issues related to pedagogy, infrastructure and assessment. The study recommends that the present curriculum, infrastructure, and assessment procedure of business education at the secondary level need to be upgraded for effective secondary level business education in the country. Artikel ini membahas tantangan pendidikan bisnis tingkat menengah di Bangladesh. terkait dengan kurikulum, pedagogi, infrastruktur dan sistem penilaian di sekolah, khususnya dalam hal fasilitas sekolah untuk pendidikan bisnis, strategi pengajaran yang digunakan, serta persepsi guru dan siswa terhadap pendidikan bisnis. Metode yang digunakan survei online dari 101 guru sekolah menengah. Temuan mengungkapkan bahwa tantangan terutama terkait dengan kurikulum, pedagogi, infrastruktur, dan sistem penilaian. Namun, infrastruktur dan sikap siswa merupakan tantangan terbesar. Selain itu, jumlah siswa yang cukup besar, lebih dari 40 siswa, berkontribusi pada masalah yang berkaitan dengan pedagogi, infrastruktur, dan penilaian. Studi ini merekomendasikan bahwa kurikulum, infrastruktur, dan prosedur penilaian pendidikan bisnis di tingkat menengah perlu ditingkatkan efektivitasnya di negara tersebut.

Page 1 of 1 | Total Record : 6